Minggu, 13 Juli 2008

Fadel Bertemu Presiden Brasil

November Bertolak ke Brasil Bersama SBY
GORONTALO (TRIBUN) – Kunjungan Presiden Republik Federatif Brazil, Luiz Inacio Lula da Silva, dimanfaatkan oleh Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad untuk melakukan kerjasama luar negeri daerahnya.
Kepada Tribun Gorontalo yang menghubungi gubernur Sabtu (12/07) akhir pekan kemarin mengatakan bahwa dirinya berada di pertemuan tersebut lantaran mewakili para gubernur, dismaping jajaran Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) diantaranya Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan dan lain-lainnya. “Sebenarnya banyak gubernur yang diundang, tapi kebetulan hanya saya yang datang. Karena itu Presiden SBY langsung meminta saya bergabung dengan para menteri berdialog dengan orang nomor satu di Brasil itu,” papar Fadel.
Dialog yang digelar hamper dua jam itu dicapai beberapa kesepakatan dan kesepahaman, diantaranya adalah untuk bidang pertanian seperti jagung, kedalai dan ternak atau daging. “Brasil itu sebagai daerah penghasil jagung dunia. Selain itu dia pemasok 20 persen kedelai dunia dan daging. Karena itu tidak ada salahnya kita belajar dari mereka dan membuka kerjasama jangka panjang,” papar Fadel.
Yang amat menggembirakan, kata Ketua Dewan Jagung Nasional (DJN) itu, program pembangunan yang dijalankan oleh Brasil ternyata tidak jauh berbeda dengan di Provinsi Gorontalo yang fokus pada tiga program. “Bahkan Brasil hanya fokus pada pertanian yang menjadikan Negara tersebut sebagai penghasil terbesar kedelai dan jagung. Karena itu kita akan berupaya ke aarah sana, semakin lebih fokus dengan jagung dan ternak sapi atau daging.”
Dalam kesempatan berkunjung ke Indonesia, Luiz Inacio Lula da Silva juga mengundang Presiden SBY untuk berkunjung ke negaranya serta mengirimkan delegasi pada seminar internasional tentang bio ethanol, November mendatang. “Saya sudah sampaikan langsung ke SBY dan menyatakan Gorontalo akan bergabung dalam tim tersebut,” ujar Fadel. (TG-23)

Tidak ada komentar: