Minggu, 13 Juli 2008

UNG Luncurkan Orkestra Keroncong


Bakal Ditayangkan Secara Live di Civica TV

GORONTALO (TRIBUN) - Dalam hidup, ada 3 unsur yang tidak akan pernah terlepas dari manusia, pertama kalau hidup lebih enak, maka harus berilmu. Kedua, agar hidup lebih terarah, maka harus beragama dan yang ketiga, hidup tambah lebih indah jika kita memahami dan memaknai unsur seni sepenuh hati. Ungkapan tersebut seperti halnya yang disampaikan oleh Rektor UNG, Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo saat meluncurkan kelompok orkestra keroncong milik UNG di Gedung Budaya, sabtu (12/7) malam kemarin.
Kenapa seni harus dikembangkan? Nampaknya, pertanyaan ini pulalah yang mendasari sampai kenapa UNG yang merupakan kampus perjuangan peradaban mendirikan jurusan Sendratasik. Sebab, menurut Rektor UNG, Nelson Pomalingo, seni dikembangkan dapat mengolah perasaan emosi orang. "Sekarang ini kita sering menyaksikan banyak mahasiswa maupun siswa yang terlibat tawuran, syukur Alhamdulillah di Gorontalo tidak ada. Semua itu disebabkan karena mereka dalam memaknai seni hanya setengah-setengah," ujar Nelson Pomalingo.
Sejauh ini, perhatian pihak lembaga terhadap pengembangan seni sangatlah besar. "Saat ini kita sudah memiliki fasilitas seperti alat band, kulintang dan yang barusan kita luncurkan yakni orkestra keroncong. Nantinya, pagelaran seni terutama orkestra keroncong serta lagu-lagu country akan kita tayangkan di Civica TV secara live pada bulan Agustus. Sehingga, masyarakat Gorontalo dapat menikmati alunan seni ini. Bukan hanya di Civica TV, tapi di Civica Radio juga. Kita akan jadwalkan, dalam sebulan minimal mereka tampil dua kali. Berselang seling antara lagu-lagu country maupun lagu orkestra," ungkap Rektor UNG, Nelson Pomalingo kepada TRIBUN Gorontalo seusai meluncurkan kelompok orkestra keroncong tersebut.
Tidak bisa dipungkiri, kalau civitas akademika UNG khusunya pada kalangan dosen memang sangat menggandrungi lagu-lagu keroncong. Bahkan, dengan percaya diri, Nelson Pomalingo, Pembantu Rektor I UNG, Karmin Baruadi, Pembantu Rektor III UNG, Ani M. Hasan, Ketua DWP UNG, Forry Pomalingo, Pembantu Dekan III FSB, Rasuna Thalib pun sempat melantunkan lagu-lagu keroncong yang diiringi langsung oleh kelompok orkestra keroncong tersebut. (TR-04)

Tidak ada komentar: